CONTOH SOAL DAN JAWABAN LOGIKA ALGORITMA
I. PILIHAN GANDA
1. Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah :
a. Membuat program
b. Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
e. Mempelajari program
2. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah di sebut :
a. Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Step
3. Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
a. Bahassa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
4. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
5. Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
b. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
c. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
d. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
e. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
6. Diketahui bahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi 15 kelereng. Apabila yang terbawa hanya sebuah kantong dan di katakan BUKAN kantong P yang terbawa, Maka jumlah kelereng yang terbawa adalah :
a. 10
b. 15
c. 10 atau 15
d. 10 dan 15
e. Kosong
7. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi :
a. Merah
b. Ungu
c. Hijau
d. Putih
e. Abu-abu
8. Instruksi P=Q akan mengakibatkan nilai P=nilaiQ,dan nilai Q menjadi :
a. Menjadi Sembarang Nilai
b. Menjadi hampa
c. Q tetap
d. Menjadi 10
e. P tetap
9. Apabila a=5, b=10, maka jika di berikan instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan :
a. a=0 , b=5
b. a=10 , b=5
c. a=10 , b=0
d. a=b
e. a=10 , b=10
10. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
c. 15 dan 15
d. 0 dan 10
e. 10 dan 15
II. ESSAI
Membuat program sederhana dengan menggunakan C++
- Menghitung Luas Segitiga
- Menghitung Luas Persegi Panjang
- Menghitung Luas Bujur Sangkar
JAWABAN PILIHAN GANDA
- B
- C
- C
- A
- -
- C
- B
- E
- E
- C
3.Program Hitung Luas Bujur Sangkar
I.Listing program
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
/*program luas bujursangkar */
main()
{
float s1,s2;
float luas;
printf("PROGRAM HITUNG LUAS BUJUR SANGKAR \n");
cout<<"=================================="<<endl;
cout<<" sisi bujur sangkar 1 = ";cin>>s1;
cout<<" sisi bujur sangkar 2 = ";cin>>s2;
luas=(s1*s2);
/* berikan format pada tipe data float jika terlalu panjang angka di belakang koma*/
cout<<" luas bujur sangkar = "<<luas<<endl;
getche ();
}
II.Runing program